Daihatsu Ayla bekas

Ini Alasan Daihatsu Ayla Bekas Masih Curi Perhatian Konsumen

Bingung mau beli mobil bekas yang irit, perawatan mudah dan harga yang ramah di kantong? Anda mungkin bisa melirik si lincah Daihatsu Ayla Bekas. Mobil segmen LCGC (Low Cost green Car) yang dibanderol dengan harga Rp100 juta – Rp150 juta pada masanya ini, sekarang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp70 juta – Rp80-an juta untuk kondisi bekas. Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, dan memiliki keluarga kecil atau bahkan tinggal sendiri, mobil dengan kapasitas maksimal 4 orang ini cocok untuk digunakan sehari-hari.

Untuk itu, sebelum Anda membeli mobil Daihatsu Ayla bekas, Anda wajib membaca referensi kami yang pastinya akan membantu Anda menimbang tipe dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Keunggulan Daihatsu Ayla

Mesin yang Irit

Tak perlu diragukan lagi, untuk mobil Ayla keluaran Daihatsu 1.0 dan 1.2 liter ini super irit, apalagi jika hanya digunakan untuk kegiatan harian di dalam kota. Dengan spesifikasi dari mesin 1,0 liter berkubikasi 998 cc DOHC, 3 silinder dan 12 katup. Mesin 1NR dapat menghasilkan tenaga sebesar 65 Hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal 85 Nm pada putaran 3.000 rpm. dengan kapasitas tenaga tersebut, jarak yang bisa ditempuh adalah 20 kilometer per jam.

Body yang Proporsional

Daihatsu Ayla juga memiliki dimensi body yang proposional, di mana panjang mobil 3.660 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm. Walau terlihat kecil, namun Ayla cukup nyaman untuk mengangkut 4 penumpang dengan barang bawaan sedikit. Hal ini karena bagasi belakang yang tersedia menyatu dengan bagian jok penumpang, sehingga menghasilkan ruang gerak yang cukup luas.

Transmisi

Keunggulan lain dari Daihatsu Ayla dibanding jenis LCGC lain terletak pada kelengkapan tipe transmisi, mesin hingga fitur yang ditawarkan. Terdapat transmisi manual dan otomatis dibeberapa tipe yang dikeluarkan, termasuk CVT, yang sering menjadi incaran, karena nyaman digunakan saat jalan macet. Ditambah dengan fitur hiburan juga lengkap seperti layanan music yang bisa disambungkan pada perangkat gadget Anda.

Mudah Mencari Sparepart

Keunggulan berikutnya jika Anda memilih Daihatsu Ayla, terletak pada mudahnya mencari sparepart mobil jika terjadi kerusakan. Ini lantaran Daihatsu dan Toyota memiliki rantai pasok yang tersebar di Indonesia, sehingga suku cadang biasanya bisa ditemukan di bengkel besar maupun kecil di setiap daerah. Bahkan, suku cadang Ayla KW juga sudah banyak ditemukan di pasaran. Namun, jika Anda ingin mobil Anda awet, pastikan membeli sparepart atau suku cadang asli, ya.

Pajak Murah

Terakhir, keunggulan yang paling menarik perhatian bagi Anda yang baru ingin memiliki mobil, terletak pada pajak yang murah. Pajak Daihatsu Ayla generasi pertama ini hanya Rp900 ribuan. Tentu pajak ini lebih rendah dibanding dengan mobil lain digenerasinya.

Kelemahan

Performa

Setelah mengupas apa saja keunggulan Daihatsu Ayla, maka kita akan menguliti apa saja kelemahan mobil yang masih menarik perhatian masyarakat perkotaan ini. Kendati terbilang lincah di perkotaan, namun sebenarnya tenaga yang dihasilkan mesin 10 liter hanya mencapai 65 Ps. Jika digunakan untuk perjalanan dalam kota, mobil ini masih bisa diandalkan. Namun jika digeber untuk perjalanan luar kota secara terus-menerus maka akan terlihat performa yang tidak maksimal.

Fitur yang kurang Lengkap

Fitur yang lengkap juga tidak terdapat pada semua tipe. Walau fitur menjadi salah satu keunggulan, namun di beberapa tipe lama yang dikeluarkan malah tidak memiliki fitrur yang dibutuhkan seperti airbag dan immobilitzer serta tidak dilengkapi dengan pengaman yang memadai, sehingga mudah dibobol maling. Stir pada Ayla juga terbilang tinggi, bagi postir tubuh orang Indonesia. Sehingga mudah membuat pegal dan tidak nyaman. Pada bagian bagasi, Anda juga tidak akan menemukan handle pintu. Karena, untuk membuka bagasi, anda harus menggunakan tusa kunci yang ada di sebelah pengemudi, atau dengan anak kunci.

Material pas-pasan

Kelemahan lainnya terletak pada material yang digunakan. Sebagai mobil murah, wajar saja sebenarnya material yang digunakan pas-pasan. Untuk itu, jangan heran jika Anda akan menemukan banyak bahan plastic yang digunakan seperti untuk hiasan door trim dari bahan soft touch atau fabric sekalipun. Selain itu, untuk busa jok juga tidak tebal (tipis). Sandaran belakang juga tidak bisa diatur lebih merebah dari posisi awal. Maka, untuk perjalanan jauh jelas kurang nyaman. Ditambah lagi suspensi belakang Daihatsu Ayla lebih keras.

Getaran Mesin

Mirip dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla juga memiliki masalah getaran pada mesin atau mesin menggelitik. Ini disebabkan karena pambakaran BBM RON rendah yang tidak sempurna. Hal ini harus anda perhatikan saat akan membeli Daihatsu Ayla bekas. Pasalnya, banyak pengguna Ayla menggunakan RON dengan nilai kecil dan membuat performa mobil menurun drastic.

Tingkat kemulusan mobil bekas dengan baru memang tidak bisa disandingkan, namun Anda tetap harus memerhatikan setiap komponen mobil yang Anda akan beli. Pasalnya, walau sparepart Ayla cukup mudah ditemukan, Anda harus sering merogoh kocek untuk perawatan dan perbaikan jika Anda tidak benar-benar membeli unit dengan kondisi prima. Bahkan, budget yang harus dikeluarkan untuk perawatan dan mengganti sparepart rusak mungkin bisa mencapai lebih dari Rp5.000.000. Maka teliti saat membeli, ya.

Ingin membeli mobil bekas berkualitas? Kunjungi Djubli, platform jual beli mobil berkualitas dan terpercaya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *