Cara Mengemudikan Mobil Manual

Cara Mengemudikan Mobil Manual dalam 9 Langkah

Semakin populernya mobil dengan transmisi otomatis, membuat generasi pemegang SIM terbaru di Indonesia kuwalahan untuk mengemudikan mobil manual. Apalagi dengan bertambah macetnya jalanan di kota-kota besar, penggunaan mobil manual menjadi semakin sedikit.

Untuk memulai belajar cara mengemudikan mobil manual, ada baiknya kamu mencari jalanan atau tempat parkir yang luas dan kosong untuk berlatih. Dan pastikan lahan parkir atau jalanan yang dipilih datar ya.

Bagi kebanyakan pengemudi, belajar nyetir manual seperti belajar naik sepeda. Awalnya memang susah, tapi tidak akan lupa! Berikut ini saya akan memberikan tips supaya kamu dapat mengemudikan mobil manual dengan mudah.

 

Untuk kamu yang belum memiliki mobil manual, kamu bisa kunjungi Halaman Jual Beli Mobil Bekas DjuBli (Klik Disini)

9 Langkah Mengemudikan Mobil Manual

 

1. Pahami perbedaan pedal mobil

Sebelum mulai menyetir, pastikan kamu tau apa beda dari pedal-pedal di mobil manual. Pedal yang di paling kanan adalah pedal untuk gas, yang ditengah untuk rem, dan yang paling kiri adalah kopling. Pedal kopling lah yang membedakan mobil manual dan matic.

2. Pahami Perseneling Mobil

Sebelum menyalakan mobil, lihat dulu persenelingnya. Pastikan ada di posisi netral, untuk memastikannya anda bisa menggoyangkan dari ke kiri dan ke kanan. Jika luwes, maka anda bisa starter mobilnya.

3. Nyalakan Mobilnya

Kalau sudah yakin perseneling ada di posisi netral. Kamu bisa nyalakan mobilnya, sama seperti mobil pada umumnya.

4. Tekan pedal kopling

Sebelum memulai menyetir, tekan pedal kopling menggunakan kaki kiri yang dalam. Agar aman, tekan juga pedal rem dengan kaki kanan kamu.

5. Masukan gigi satu

Selanjutnya, kamu bisa masukan persenling untuk masuk ke gigi satu. Pada umumnya ada indikator angka yang menunjukkan arah gigi. Jika tidak ada, tebakan terbaik adalah untuk mendorongnya ke pojok kiri depan.

6. Lepaskan Pedal Rem

Lepaskan kaki kanan kamu dari pedal rem. Jika kamu ada di jalan yang datar, mobil mungkin bergerak sedikit.

7. Lepaskan Kopling dan Injak Gas

Secara perlahan lepaskan kopling diiringi dengan injak gas dengan tekanan yang sama. Selagi kamu melepas kopling kami bisa merasakan mobil bergetar dan mulai maju. Jangan sampai terlalu cepat melepas kopling tanpa diiringi injakan gas. Jika ini terjadi mobil akan mati.

8. Rasakan Waktu Untuk Pindah Gigi

Pada suatu waktu, kamu harus melepaskan kpling dan hanya menginjak gas. Kamu sedang menyetir di gigi pertama. Lanjutkan sampai kamu merasa perlu pindah ke gigi ke dua, tergantung dari mobil yang kamu pakai, kamu bisa meminfahkan gigi ketika indikator RPM mobil sudah diatas angka 3 (3000 RPM).

9. Masukan ke gigi Dua dan Ulangi.

Lepaskan pedal gas sambil injak pedal kopling dengan kaki kiri. Mobil akan terus berjalan. Lalu Gerakan Perseneling ke gigi ke-2. Lepaskan Kopling sambil injak gas seperti saat mau berrjalan. Ulangi langkah ini sambil meneruskan berjalan.

Selamat! Kalau kamu sudah mengikuti langkah-langkah diatas dengan baik, kamu sudah bisa mengemudikan mobil manual.

Jangan lupa kunjungi instagram djubli.collection untuk penawaran menarik lainnya

 

1 thought on “Cara Mengemudikan Mobil Manual dalam 9 Langkah”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *