Tips Merawat Mobil Bekas

Mau Beli Mobil Bekas? Perhatikan Cara Merawatnya

Ingin memiliki mobil impian namun budget terbatas, dan tidak mau kredit? Pilihannya pasti jatuh pada mobil bekas. Ya, mobil bekas memang memiliki harga yang sangat terjangkau. Apalagi jika mendapat unit dengan perawatan yang tepat. Pastinya bak mendapat durian runtuh, sudah murah, kualitas juga tidak diragukan. Namun, sebelum membelinya Anda juga perlu mengetahui tips merawat mobil bekas agar awet selama penggunaan.

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam merawat mobil bekas tentu pada tampak luar atau body agar tetap kinclong, serta keadaan mesin agar performa tidak anjlok dalam waktu yang lama. Berikut tips merawat mobil bekas kesayangan Anda:

5 Tips Merawat Mobil Bekas:

1. Cara merawat merawat cat mobil bekas

Mencuci secara rutin mobil Anda dengan skala yang tepat (tidak terlalu sering ataupun jarang) akan membuat kotoran yang menempel segera lenyap dan tidak merusak lapisan cat. Maka hindari juga penggunaan lap yang kasar. Gunakan jenis kanebo atau lap fiber yang lebih halus.

Jangan menyimpan kendaraan tepat di bawah paparan sinar matahari. Panas matahari akan membuat lapisan cat rusak dan menggelembung. Apalagi, saat proses pencucian menggunakan sabun yang salah, seperti detergen, maka akan memperparah keadaan lapisan cat yang kepanasan. Gunakan sabun khusus pencuci mobil yang memiliki tekstur seperti shampoo.
Rajin menggunakan wax juga membantu merawat lapisan cat agar terlindung dari sinar matahari dan juga zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci.

2. Menjaga kebersihan mobil

Selain bagian luar, bagian dalam mobil juga perlu dibersihakan seperti membersihkan filter udara dan filter oli. Jika jarang dibersihkan, filter akan akan mudah aus karena kotoran yang menumpuk dan membuat kinerja penyaringan tidak maksimal.

3. Pemeriksaan dan perbaikan regular

Untuk mobil bekas, periksa dan perbaikilah secara rutin dan cepat apa yang harus diperbaiki. Seperti memeriksa sistem kelistrikan, roda, suspensi, rem, sistem pendingin, filter udara, filter oli, dan lainnya.
Jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala. ini dilakukan untuk memastikan mesin Anda berjalan dengan lancar. Ini juga akan membantu menjaga kinerja mesin dan mengurangi risiko kerusakan.

Kemudian, periksa juga cincin kompresi secara teratur agar memastikan mesin Anda berfungsi dengan baik. Cincin kompresi dapat menjadi salah satu penyebab masalah mesin mobil yang sering terjadi pada unit bekas.

4. Ban

Ban mobil adalah salah satu bagian yang paling penting. Pastikan untuk memeriksanya secara berkala dan memastikan mereka selalu dalam kondisi yang prima. Periksa juga sistem kelistrikan, untuk memastikan semua arus listrik berfungsi dengan baik dan benar. Pastikan juga untuk mengganti komponen yang rusak secara berkala.

5. Pelumas

Anda mungkin sering luput menggunakan pelumas pada bagian mesin yang bekerja terus menerus. Hal ini sering membuat performa mesin lama pada mobil bekas terus menurun. untuk itu gunakan pelumas di semua bagian utama mobil anda untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Itu tadi tips merawat mobil bekas. Memang bukan hal mudah untuk dilakukan, apalagi jika Anda ingin mobil yang Anda beli memiliki performa seperti baru atau mendekatinya. Dibutuhkan kejelian dan biaya yang tidak sedikit, agar bukan hanya tampilan namun juga keadaan mesin tetap baik.

Banyak yang memilih membeli mobil baru dibanding bekas, selain memiliki garansi, mobil juga berada dalam kondisi terbaik. Sehingga biaya untuk perbaikan bisa sangat minim. Berikut ulasan biaya perawatan untuk mobil bekas, sebagai referensi Anda.

Biaya Perawatan Mobil Bekas

1. Perawatan Umum

Biaya perawatan umum meliputi untuk mengganti oli mesin, filter oli, filter udara dan filter kabin, ganti cairan pendingin & rem. Biaya yang perlu anda siapkan ini berkisar antara Rp500.000 – Rp1.500.000.

2. Perbaikan

Biaya perbaikan meliputi perbaikan mekanik yang diperlukan untuk memastikan mobil bekas bisa berjalan maksimal dan stabil. Biaya ini bervariasi tergantung pada jenis masalah dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya. Untuk itu anda harus merogoh kocek antara Rp1.000.000 – Rp3.000.000 juta

3. Perawatan Eksterior

Biaya perawatan exterior meliputi perawatan body mobil, cat mobil, dan pembersihan kaca mobil bekas. ini sesuai keinginan Anda, jadi siapkan biaya Rp500.000 – Rp1.500.000. untuk setiap perawatan masing masing eksterior mobil.

4. Kebutuhan mobil

Biaya pembelian kebutuhan mobil meliputi pembelian ban baru, bagian-bagian mekanik baru, dan barang-barang lain yang dibutuhkan untuk memperbaiki mobil bekas. biaya yang dibutuhkan juga bervariasi sesuai kebutuhan, jenis bahkan merk yang anda pilih. Maka anda harus merogoh kocek lebih dalam antar Rp2.000.000 – Rp5.000.000 juta.

Secara keseluruhan, jika Anda ingin merawat atau memperbaiki mobil bekas yang Anda beli. Maka, persiapkanlah dana perawatan sebesar Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000. Estimasi biaya tersebut dipuntukan jenis-jenis mobil dengan sparepart yang mudah dicari dan juga memiliki kerumitan mesin ringan.

Namun, jika Anda membeli mobil bekas dengan kondisi yang sudah tidak terawat atau merupakan unit tua, maka biaya yang harus dikeluarkan akan melebihi estimasi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menjaga agar mobil bekas Anda memiliki performa dan tampilan yang menarik.

Itu tadi tips merawat mobil bekas dan estimasi biaya perawatan yang perlu Anda ketahui. Namun ingat, ya. Untuk mobil bekas ataupun baru, perawatan teratur harus tetap dilakukan agar mobil kesayangan anda tetap awet dan berumur panjang.

1 thought on “Mau Beli Mobil Bekas? Perhatikan Cara Merawatnya”

  1. Pingback: Jangan Sampai Tertipu, Begini Cara Mendeteksi Mobil Bekas Tabrakan | DjuBli

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *