Mobil Toyota Rush Bekas Tahun 2007

Mau Berburu Toyota Rush Bekas 2007? Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi Anda penggemar mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle). Mungkin Anda akan menjatuhkan pilihannya pada Toyota Rush Bekas generasi pertama 2007. Selain harga yang terjangkau, mobil ini juga tangguh melaju di tanpa aspal. Selain itu untuk siklus keberlanjutan Toyota Rush generasi 1 juga terbilang panjang, yakni 9 tahun terhitung sejak diluncurkan pada 2007 hingga 2017.

Toyota Rush hadir dalam dua tipe

Toyota Rush 2007 juga hadir dalam 2 tipe yakni S dan G. Untuk tipe S, Anda bisa memilih transmisi manual ataupun otomatis. Pada masanya, Toyota Rush dibanderol dengan harga lebih dari Rp200 juta. Namun, untuk harga bekas pakai, Anda bisa mendapatkannya dengan merogoh kocek sebesar Rp85 juta–Rp120-an juta. Selama 9 tahun itu, Toyota juga terus berinovasi dan mengembangkan Rush generasi 1 hingga tipe tertinggi yakni TRD Sportivo dan Sportivo ultimo. Di mana tipe ini dibandrol dengan harga Rp250-an juta. Sementara untuk unit bekasnya dijual dengan harga Rp140- Rp215 juta.

Pada awal generasi, Toyota Rush tipe 1.5 G MT, 1.5 S MT, 1.5 S AT dan G AT hanya berkapasitas 5 penumpang. Namun, pada 2014 Toyota menghadir Rush tipe TRD Sportivo dan Sportivo Ultimo yang mampu menampung penumpang hingga 7 orang. Ruang belakang mobil juga bisa digunakan sebagai bagasi yang cukup luas, jika tidak dipergunakan untuk penumpang.

Spesifikasi mesin

Untuk spesifikasi mesin, Rush generasi 1.5 menggunakan tipe 3SZ-VE 1.5 L dengan kapasitas 1.495 cc DOHC 16 katup VVT-i. Penggunaan mesin dan system tersebut, menghasilkan tenaga maksimal hingga 109 PS dengan torsi mencapai 141 Nm. Tipe ini juga dibekali teknologi Electronic Fuel Injection yang membuat konsumsi bahan bakar mobil terbilang lebih hemat.

Sementara untuk spesifikasi Rush generasi pertama tahun 2014 seperti Rush Sportivo dan lainnya, menggunakan mesin bertipe IL4, 16V, DOHC VVT-I yang berkapasitas 1495 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 109 Ps per 44.600 rpm dan torsi maksimal 14.4 Kgm per 4.400 rpm. Penggunaan teknologi VVT-I juga membuat Toyota Rush 2014 semakin ramah lingkungan. Kapasitas tangki dari spesifikasi Toyota Rush 2014 sendiri cukup besar, yakni 45 L.

Kelebihan Toyota Rush

Selain harga yang terjangkau, Toyota Rush generasi 1 juga memiliki kelebihan dapat melaju mulus di jalanan desa, berbatu, ataupun tanah berlumpur. Kendati tangguh di medan berat, mobil yang sering disebut sebagai pengganti Kijang Rangga ini cukup mudah dirawat, apalagi sparepart untuk Rush juga mudah ditemukan dan bisa di-substitusikan dengan Toyota Avanza tipe 1.5. Tentunya hal ini membuat perawatan mobil semakin mudah dan murah.

Bagian body yang meyakinkan dengan tampilan gagah, ditambah dengan ban serep yang terpasang di bagian belakang mobil, membuat Toyota Rush digemari pecinta mobil sport dan outdoor, karena penampilan dan performanya. Desain yang elegan namun tetap keren ini juga banyak digandrungi kaum milenial, karena tidak kalah trendi dengan mobil sport besar keluaran teranyar.

Kelemahan Toyota Rush

Itu tadi beberapa kelebihan Toyota Rush generasi pertama, namun jika Anda berminat untuk membeli unit bekasnya, ada beberapa kelemahan yang juga perlu Anda ketahui. Rush generasi awal ini cukup limbung atau tidak stabil, jika digunakan untuk perjalanan dalam kota dengan kecepatan rendah ataupun tinggi. Ini disebabkan karena ground clearance terlalu tinggi. Selain itu, suspensinya juga terbilang keras dibanding mobil-mobil keluaran Toyota di angkatannya.

Ditambah lagi, dengan tarikan yang standar Rush memiliki suara kasar dan keras yang cukup mengganggu.
Kelemahan lainnya yang perlu Anda ketahui jika ingin memiliki Toyota Rush bekas adalah, sering terjadinya bocor atau rembes saat hujan bahkan waktu pencucian. Kebocoran terjadi lantaran karet-karet yang dipasang dibagian pintu maupun ornament lainnya mudah aus atau getas. Hal ini berpotensi besar merusak atap kendaraan jika dibiarkan terlalu lama.

Tips membeli mobil bekas Toyota Rush

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Rush bekas, Anda perlu memerhatikan kelemahan dari unit yang akan Anda beli. Pertama, Anda wajib meminta rekam servis resmi kendaraan selam tiga tahun pertama mobil keluar. Dengan melihat rekam servis, anda bisa mengetahui komponen apa saja yang pernah diganti dan bagaimana pemilik sebelumnya merawat mobil tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan lagi jika Anda berminat membeli Toyota Rush bekas adalah odometer. Jangan membeli mobil dengan angka odometer tinggi, pasalnya, mobil sudah berada dalam fase lelah, karena telah menempuh perjalanan jarak jauh atau sering digunakan. Perhatikan hal ini dengan saksama dengan membandingkan kondisi mobil dan angka pada odometer. Banyak penjual nakal mengotak-atik odometer unit kendaraan agar angka pada keterangan lebih kecil.

Pastikan juga kondisi mobil dalam performa maksimal. Walau bukan unit baru, namun jika kendaraan dirawat dengan baik dan belum pernah mengalami tabrakan atau kebanjiran, maka tidak akan mengalami kerusakan fatal.
Terakhir, jika Anda membeli mobil bekas, pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan terpenuhi dan tidak bermasalah. Sebab, mobil bekas keluaran lama cukup sulit mengurus surat-suratnya jika sudah bermasalah. Berhati-hatilah dalam memilih tempat jual beli mobil, jangan sampai tidak resmi, ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *