Honda Brio bekas

Tertarik Memiliki Honda Brio Bekas? Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Jika Anda tinggal dan beraktivitas di perkotaan atau kota besar, maka Anda membutuhkan mobil yang efisien dan nyaman. Untuk itu, mungkin Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Honda Brio Bekas. Selain lincah menerjang kepadatan kota, jenis CityCar ini juga memiliki model yang unik dan irit.

Harga yang terjangkau untuk mobil baru dan bekas juga menjadi daya tarik, di mana Anda bisa mendapatkan unit bekas Brio bekas dengan harga di bawah Rp100 juta. Namun, jika Anda mau membeli unit Honda Brio bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut, kami akan mengulas beberapa kondisi mobil yang wajib Anda tahu sebelum membeli Brio impian Anda.

7 hal yang perlu diperhatikan saat membeli Honda Brio bekas

1. Penyok pada bagian bawah

Jika Anda tertarik membeli Honda Brio bekas, maka pastikan Anda memeriksa bagian bawah kendaraan. Apakah terdapat penyok yang dalam atau tidak. Pasalnya, sebagai CityCar Brio memiliki ground Clearance yang rendah. Sehingga mobil ini rentan penyok atau tergores jika berada di jalan yang tidak mulus.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan bagian kolong ban mobil, apakah terdapat cipratan air dan lumpur atau tidak. Jika terdapat cipratan air dan lumpur yang tidak segera dibersihkan maka bagian tersebut akan cepat karat dan keropos.

2. Bunyi mesin

Walau Anda bukan membeli unit baru, tetapi kehalusan suara mesin tetap perlu diperhatikan. Ini bisa mendeteksi keadaan mesin dalam keadaan sehat atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara lain untuk mengetahui keadaan mesin seperti, apakah mudah distarter, apakah tidak terdapat tetesan oli saat mesin dinyalakan, apakah terdapat getaran yang parah saat mobil menyala dan apakah mesin dalam keadaan bersih. Dengan memerhatikan hal-hal itu bisa membantu anda mengetahui bagaimana kondisi unit yang akan dipilih.

3. Nat (garis lengkung) mobil

Untuk kondisi luar mobil, Anda bisa memeriksa Honda Brio bekas pilihan Anda dengan melihat apakah nat disetiap bagian masih rapat dan rata. Karena biasanya, kondisi nat yang rapat menunjukan pemilik sebelumnya menggunakan dan merawat mobil dengan baik. Namun, jika tingkat kerapatan nat sudah tidak terlihat maka kemungkinan besar mobil pernah mengalami tabrakan atau benturan.

Ada beberapa bagian yang perlu Anda cek dengan saksama sepert bagian tulang di bawah cap mesin, bagian engsel pintu dan nat pada kap mesin. Pada bagian-bagian itu, Anda bisa dengan mudah melihat apakah mobil pernah mengalami reparasi sebelumnya.

Saat memeriksa nat, Anda juga bisa sekalian memeriksa kemulusan cat kendaraan. Apakah terdapat gelembung akibat kepanasan, apakah terdapat goresan halus atau kasar. Hingga apakah terdapat retakan cat dibagian-bagian tertentu seperti pintu mobil. Pasalnya, kemulusan cat juga memengaruhi harga jual.

4. Retak halus kaca belakang

Honda Brio memiliki bentuk yang unik dengan kaca belakang (pintu bagasi) yang besar, untuk itu Anda harus memastikan apakah terdapat retakan halus pada kaca tersebut. Karena, jika mobil sering berada di bawah sinar matahari tanpa adanya perlindungan khusus, maka dipastikan kaca belakang tidak dalam kondisi baik.

5. Kaki-kaki mobil

Saat membeli mobil Honda Brio bekas ataupun jenis lainnya, pastikan Anda melakukan Test Drive. Dengan begitu, Anda bisa merasakan secara langsung tingkat kenyamanan Anda saat berkendara dengan mobil pilihan Anda. Dan, jika Anda melakukan test drive maka rasakan secara seksama semua hal yang terjadi, seperti apakah terdapat bunyi saat mobil berada dibelokan, apakah ada bunyi berdecit pada kaki-kaki mobil, apakah ada bantingan keras, stir terasa berat saat berbelok, dan cek juga bagian kolong mobil setelah dipakai apakah terdapat kebocoran.

6. Memastikan kondisi interior

Setelah memeriksa Body luar kendaraan, Anda tentunya harus memastikan keadaan interior atau dalam mobil, seperti, memastikan keadaan dashboard bersih dan minim goresan. Anda juga harus memeriksa bagian bawah karpet mobil, ini bertujuan untuk memastikan apakah mobil pernah menerjang banjir atau tidak. Mobil yang pernah menerjang banjir dan tidak segera mendapat perawatan, akan meninggalkan jejak air yang merusak interior dan menimbulkan bau apek.

Jangan lupa untuk mengecek bagian AC. Karena alat pendingin ruangan ini sangat menentukan kenyamanan Anda dan penumpang saat berkendara. Pastikan hembusan angin bisa keluar dengan baik sesuai pengaturan yang tersedia, tidak mengeluarkan suara berisik dan juga bau tidak sedap. Jika kondisi tersebut terjadi, maka cobalah meminta sipenjual memeriksanya atau membersihkannya terlebih dahulu.

7. Kelengkapan surat Kendaraan

Terakhir, jika sudah menentukan mobil Honda Brio bekas yang akan Anda beli, maka Anda juga harus memastikan kelengkapan surat menyurat kendaraan. Pastikan Anda mengecek nomor mesin dan rangka mobil sesuai dengan STNK dan BPKB. Kemudian, memastikan pajak kendaraan apakah sudah mati, akan segera mati atau masih lama. Serta menyesuaikan data yang tertera pada STNK dan BPKB. Jangan sampai Anda mengabaikan kelengkapan surat menyurat kendaraan, ya. Memastikan semua sesuai dengan kondisi mobil dan pemilik sebelumnya, akan menghindarkan anda dari masalah dikemudian hari.

Pastikan juga Anda membeli mobil di tempat penjualan yang tepercaya, misalnya Djubli (Klik Disini). Jika membeli antar perorangan, pastikan Anda membeli mobil pada teman atau saudara yang apik menggunakan kendaraan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *