Mobil Toyota Avanza Bekas

Toyota Avanza Bekas Banyak Diincar, Harga Mulai Rp50 Jutaan!

Jelang mudik lebaran, pasti Anda dan keluarga ingin bepergian untuk berkunjung ke sanak saudara. Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga cukup banyak, dan membutuhkan mobil dengan kapasitas besar, serta performa yang bisa diandalkan namun dengan harga terjangkau. Anda mungkin bisa memilih mobil Toyota Avanza bekas.

Toyota Avanza generasi pertama yang diluncurkan pada 2005, atau sekitar 18 tahun lalu ini, sampai sekarang masih eksis dicari pembeli. Dengan harga yang ramah di kantong yakni Rp50 juta–Rp60 jutaan, Toyota Avanza bekas masih menjadi incaran di tengah banyaknya tipe family car baru.

Toyota Avanza bekas semua tipe juga laris manis di pasaran, karena spesifikasi yang mumpuni dan tangguh, serta pemutakhiran yang terus dilakukan. Jika Anda berminat untuk mencari Toyota Avanza bekas, Anda bisa menyimak ulasan berikut yang mungkin bisa menjadi referensi sebelum membeli mobil.

Toyota Avanza generasi pertama 2005

Mobil Avanza tipe ini memiliki varian mesin K3-VE dengan kapasitas 1.300 cc VVT-I dengan 87 horsepower dan torsi 120 Nm. Generasi pertama ini memiliki dua tipe yakni, 1.3 E dan 1.3 G, dengan transmisi manual 5 percepatan serta 4 silinder.

Sementara, untuk tipe S limited edition, berkapasitas 1.500 cc dan hanya diproduksi sebanyak 2.000 unit. Tipe ini juga dilengkapi system ABS (Anti-Lock Braking System) ruang dalam kedap suara dan transmisi otomatis 4 percepatan.
Pada generasi pertama ini, Toyota juga terus berinovasi dengan memutakhirkan tipe 1.3 E dan G menjadi 1.5 yang dilengkapi transmisi otomatis 4 percepatan. Selain itu, pada tipe pemutakhiran, Toyota mengubah interior dalam seperti langit-langit mobil dan stir yang lebih elegan. Serta memiliki Four Spokes, gril bumper mesh, fog light, dan aksen krom di jendela belakang.

Toyota Avanza ini dibanderol dengan harga Rp85 juta–Rp99,5 juta pada masanya. Namun, saat ini Anda bisa membeli Toyota Avanza bekas dengan harga Rp50 juta–Rp60 jutaan.

Toyota Avanza generasi kedua 2011-2015

Sementara untuk generasi selanjutnya, Toyota berinovasi dengan meluncurkan tipe 1.5 Veloz yang menggantikan keunggulan tipe S. Pada generasi ke dua ini, bagian dalam mengalami perubahan yang signifikan seperti, bagasi lebih lancip dan luas, kursi tengah pada baris ke dua dapat di geser maju-mundur, serta dilengkapi fitur keamanan Dual SRS Airbag dan sabuk pengaman dengan force limiter dan pre-tensioner. Di mana, fitur tersebut kini menjadi standar untuk semua tipe Avanza.

Perubahan lain juga terjadi pada mesin yang digunakan. Untuk generasi kedua ini kode mesin untuk 1.3 berubah menjadi 1NR-VE Dual VVT-I dan 1.5 menjadi 2NR-VE Dual VVT-I. Toyota juga tidak berhenti berinovasi pada generasi kedua ini. Pemutakhiran terus dilakukan seperti mengubah tampilan luar menjadi lebih elegan dengan velg desain terbaru, memasang antenna sirip hiu, dan penambahan fitur keyless entry dengan tombol Push Star Engine.
Toyota Avanza generasi kedua ini dibandrol dengan harga Rp150 – Rp210 jutaan sesuai tipe dan tahun pembaruan. Namun, kini Anda bisa membeli Toyota Avanza bekas dengah harga Rp85 juta–Rp100 jutaan.

Toyota Avanza generasi baru

Untuk generasi ketiga atau terbaru, Toyota Avanza keluar dengan penampilan yang berbeda. Jika pada dua generasi sebelumnya body yang ditampilkan lebih sederhana dan membulat atau melengkung. Toyota Avanza baru memiliki body kotak, dengan banyak lekukan tegas. Dimensi eksterior juga lebih luas dan panjang sehingga membuat penumpang lebih nyaman. Semua tipe Avanza berkapasitas maksimal 7 orang, namun pada generasi ini luas ruang dalam mobil dimodifikasi lebih besar, agar pengguna lebih nyaman.

Mesin

Selain itu, untuk mesin 1.3 liter 1NR-VE dan 1.5 2NR-VE yang selama ini digunakan juga di-upgrade agar lebih bertenaga sekitar 2 hp. Toyota juga memisahkan tipe veloz yang pada awalnya menjadi satu dengan Avanza. Di mana tampilan depan Veloz dibuat berbeda dengan Avanza, dengan dimensi lebar dan tambahan aero kit dan side cladding.
Toyota Veloz sendiri tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis CVT. Tipe teranyar Veloz juga telah dibekali fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

Harga

Harga yang ditawarkan untuk Toyota Avanza generasi ketiga semua tipe berkisar diantara Rp187 juta–Rp217-an. Namun, untuk harga Toyota Avanza bekas berkisar Rp80 juta–Rp100-an juta. Sedangkan untuk Toyota veloz dibanderol dengan harga Rp212 juta–Rp220-an juta.

Kesimpulan

Itu tadi ulasan mengenai spesifikasi Toyota Avanza semua generasi. Jika Anda mau membeli mobil bekas jenis LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), pastikan Anda mengecek keadaan mesin dan kaki-kaki mobil dengan melakukan test drive. Selain itu, pastikan juga mobil tidak pernah kebanjiran atau bekas tabrakan. Anda bisa mengecek keadaan komponen dalam mobil seperti pergeseran jok dan lainnya.

Pastikan juga riwayat service mobil, agar Anda tahu seberapa terawat mobil yang Anda akan beli. Juga pastikan mobil yang Anda minati memiliki surat-surat yang lengkap, untuk menghindari penipuan dan juga masalah di kemudian hari. Anda juga harus memahami tipe mobil yang akan dibeli, tentunya, kenyamanan yang dirasakan dari mobil bekas dan baru akan berbeda. Jadi pastikan Anda tidak salah pilih mobil yang sesuai dengan budget dan keinginan, ya.

Ingin membeli mobil bekas berkualitas? Yuk, cari di Djubli, platform jual beli mobil online yang terpercaya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *